Layanan Google drive ini selain bisa
diakses melalui komputer (dengan konesi Internet) juga tersedia di
Google paly store yang nantinya terintegrasi dengan perangkat android
gratis download asalkan punya akun Gmail. Dengan adanya layanan
penyimpanan awan Google Drive ke perangkat Android, anda bisa
memastikan seluruh data yang tersimpan di ponselnya dapat pula diakses
dari perangkat lain. Untuk bisa meng-edit dan mengelola file pastikan
pula anda menginstall aplikasi pendukung yaitu
Google Docs, Google sheets dan
Google Slides lebih dulu dari Play Store.
Selain membantu mengamankan file penting, Google Drive juga memiliki
fungsi berbagi dan kolaborasi yang dapat membantu kelancaran Anda dalam
menyelesaikan tugas baik untuk Anda yang masih duduk di bangku sekolah
atau kuliah maupun yang sudah bekerja. Simak lebih lanjut fungsi dan
cara mendapatkan manfaat maksimal dari Google Drive dalam tulisan
berikut:
|
Cara Menjalankan Atau Memanfaatkan Aplikasi Google Drive Secara Maksimal |
1. Pertama Anda telah menginstal aplikasi Google Drive di seluruh perangkat Android yang Anda miliki. Anda bisa
download melalui google paly store
2. Agar dapat mengakses dokumen dari seluruh perangkat yang Anda miliki,
pengguna harus menginstal Google Docs, Google sheets dan Google Slides
lebih dulu dari Play Store. Ketiga aplikasi tersebut mempunyai fungsi
yang sama dengan Microsoft Word, Excel dan Power Point. Anda bisa edit
sesuka anda dan nanti kan tersimpan secara otomatis di Google Drive
serta dapat Anda akses dari perangkat manapun yang terhubung ke akun
yang sama.
3. Untuk mengamankan foto dan video penting dalam perangkat Android
Anda, pengguna bisa memanfaatkan fasilitas auto backup dari Google+ yang
ada pada setting aplikasi tersebut.
4. Untuk mendapatkan ruang penyimpanan awan tanpa batas, Anda bisa
memilih foto dengan ukuran standar pada resolusi 2048 piksel. Mengingat
ukuran foto yang besar, pengguna bisa mengatur agar proses backup hanya
dilakukan pada saat perangkat terhubung dengan jaringan Wi-Fi.
5. Jika Anda sedang mengerjakan sebuah tugas yang membutuhkan
kertelibatan rekan Anda, pengguna bisa mengaktifkan fungsi kolaborasi
Google Drive dengan lebih dulu menahan file untuk memilihnya dan
melanjutkannya dengan
add people.
6. Selanjutnya masukkan email rekan yang ingin Anda ajak kolaborasi
serta tentukan otorisasi yang ingin Anda berikan. Anda bisa memberikan
otorisasi kepada rekan Anda untuk mengedit, memberikan komentar atau
sekadar melihat file yang Anda kolaborasikan.
7. Begitu ajakan kolaborasi diterima, maka setiap penyuntingan yang
dilakukan oleh rekan Anda dapat langsung ikut disimpan ke akun Drive
Anda sehingga proses pengerjaan tugas dapat berlangsung dua arah tanpa
harus bertemu secara langsung. File yang Anda kolaborasikan dapat
diakses oleh rekan Anda dengan melakukan tap pada ikon rak di sudut kiri
atas dan memilih shared with me.
8. Untuk file dengan format lain, pengguna bisa melakukan back up secara
manual dengan menginstal aplikasi file manager lebih dulu dari Play
Store pada perangkatAndroid Anda. Jika perangkat Anda sudah memiliki
file manager bawaan, Anda bisa melewati langkah ini.
9. Buka file manager Anda dan pilih file yang ingin Anda backup.
Lanjutkan membagikan file atau share file tersebut dengan memilih
aplikasi Google Drive. Berikutnya file akan diunggah ke akun Drive Anda
sehingga dapat Anda akses dari manapun meski perangkat Android milik
Anda hilang dicuri atau terjatuh di jalan.
Reverensi: http://www.tabloidpulsa.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar